Cara Menyimpan Pakaian Di Lemari Agar Tidak Berjamur

Pakaian merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi manusia. Memakai pakaian yang baik dan sehat menjadi kebutuhan semua orang agar terhindar dari penyakit yang tidak diharapkan. Oleh sebab itu, cara menyimpan pakaian perlu diperhatikan agar tidak menyebabkan pakaian mudah rusak dan berjamur. Berikut merupakan beberapa tips menyimpan pakaian agar awet dan tidak berjamur.

a. Pakaian harus benar-benar telah kering ketika akan disimpan agar tidak menimbulkan jamur dan bau tidak sedap. Jika masih lembab sebaiknya dijemur atau diangin-anginkan terlebih dahulu hingga kering. Lemari yang digunakan harus bersih, kering, tidak berdebu dan tertutup rapat.

b. Lakukan seleksi pada pakaian, pakaian yang jarang digunakan dapat disimpan dalam lemari atau tupukan berbeda. Untuk memudahkan Anda dalam mengambil serta menjaga kerapian lemari pakaian. Apabila terdapat pakaian yang sudah tidak Anda digunakan, sebaiknya disumbangkan sebagai donasi.

c. Pakaian beraksen payet, studs atau bebatuan sebaiknya dilapisi dengan clothing cover (penutup pakaian) agar tidak tersangkut busana lain di dalam lemari.

d. Sebaiknya letakkan pakaian dalam, kaos kaki dan stocking di dalam sebuah laci dengan cara dilipat rapi.

e. Sebelum disimpan sebaiknya pakaian disetrika, dan lipat dengan baik agar lebih tertata rapi dan tidak kusut.

f. Jika tidak ingin melipat, gantungkan pakaian pada gantungan di dalam lemari, dan jangan diletakkan di luar karena dapat terkena debu atau barang lain yang dapat membuat baju kotor.

g. Apabila terdapat baju yang tidak perlu dicuci, sebaiknya digantung daripada dilipat. Selain itu, periksa bagian kantong atau lipatan, jika ada barang yang perlu segera dikeluarkan.

h. Pakaian yang terbuat dari kaos lebih baik dilipat dan diatur sesuai dengan warna agar rapi.

i. Pakaian berbahan katun sebaiknya digantung, bukan dilipat karena bahannya mudah kusut.

j. Pakaian dengan bahan rajut dan wol sebaiknya tidak digantung agar tidak mengubah atau merusak bentuk dan bahannya.

k. Kemeja digantung dengan keadaan kancing bawah, tengah dan atas terpasang dengan benar untuk menghindari peregangan pada kain kemeja

l. Pakaian putih dan berwarna sebaiknya dipisahkan untuk mencegah kelunturan.

m. Rok sebaiknya digantung dengan menggunakan gantungan khusus agar bentuknya tidak berubah.

n. Apabila diperlukan, letakkan XDryer, kamper, atau alat penyerap kelembaban lainnya di dalam lemari agar tidak timbul jamur.

o. Lemari memerlukan sirkulasi udara agar tidak pengap dan tetap sehat sehingga perlu dibuka secara berkala agar terjadi pergantian udara.

Leave a Reply

Your email address will not be published.