Seni Mencuci Batik dengan Benar

https://pixabay.com/photos/indonesia-bali-people-asia-batik-4614988/

Batik adalah bentuk seni tradisional Indonesia yang melibatkan penggunaan lilin dan pewarna untuk membuat pola pada kain. Batik digunakan untuk dekorasi kain dan pakaian. Teknik batik tidak hanya sangat populer di Indonesia, tetapi juga populer di negara-negara lain di Asia Tenggara, seperti Malaysia, Thailand, dan Vietnam. Proses membatik diawali dengan selembar kain, yang terlebih dahulu dilapisi dengan larutan lilin. Kain kemudian dicelupkan ke dalam pewarna, dan lilin mencegah pewarna menembus kain. Setelah pewarna diterapkan, lilin dihilangkan, sehingga pola terbentuk. Batik adalah teknik yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam pola, mulai dari desain yang sederhana hingga rumit.

Tapi tahukah kamu kalau merawat batik tidak boleh sembarangan?

Batik adalah kain tradisional Indonesia yang sangat cocok untuk menambahkan sentuhan elegan pada pakaian apapun. Tetapi, Batik membutuhkan perawatan khusus agar tidak kehilangan corak, tekstur dan warnanya. 

Berikut panduan singkat cara mencuci kain batik yang benar. 

  1. Mencuci kain batik dengan lembut menggunakan air hangat. 
  2. Pastikan untuk menggunakan deterjen ringan – jangan pernah menggunakan pemutih atau bahan kimia keras lainnya pada kain batik. 
  3. Setelah kain bersih, gantung hingga kering atau keringkan dengan mesin pada pengaturan rendah. 

Dengan perawatan yang tepat, pakaian batik akan bertahan selama bertahun-tahun yang akan datang. 

Tapi jika menurut kalian mencuci batik merupakan pekerjaan yang berat Puro Fabricare dapat membantu mengatasinya!

Puro Fabricare

Puro Fabricare merupakan jasa laundry dan dry clean profesional dilengkapi dengan mesin dry cleaning berbasis Italia yang dapat menjaga pakaian anda. Puro Fabricare dapat mencuci berbagai jenis bahan pakaian mulai dari batik, denim, wol dan juga dapat mencuci koper, stroller hingga sepatu.

Puro Fabricare juga menggunakan sabun cuci terlembut yang dapat anda percayakan untuk mencuci pakaian tanpa merusak bahan dan warna pakaian anda.

Our services include: Laundry / Wet Cleaning Service, Professional Dry Cleaning Services untuk item seperti jas dan gaun, Laundry Bedcover, Laundry / Cuci Stroller, Laundry Koper, Laundry Car Seat, Laundry Box Bayi, Laundry Karpet, Laundry Gordyn / Curtain, etc.

.

Puro Fabricare

Professional Laundry & Dry Cleaners

www.purofabricare.com

.

Puro Fabricare BSD

Jl. Anggrek Hitam Blok AL No. 28, Anggrek Loka, BSD

085890967911

.

Puro Fabricare Alam Sutera & Gading Serpong

Kompleks Pujasera Indomaret (Seberang Club House Alam Sutera, Dekat Sutera Flamboyan)

.

FREE Pick Up & Delivery Services

(021) 5378869

Leave a Reply

Your email address will not be published.